Saturday, June 6, 2009

Lebih Jantan Setelah Makan Sate Kuda

Depot Kuda Teh Aam, Pujasera Golden Land

SATE KUDA tidak sepopuler sate ayam. Tapi ternyata menu yang satu ini menjadi buruan para pria. Rasanya lezat dan menggugah selera berbumbu sate kreasi kencur. Menyantap sate kuda semakin terasa ”jantannya”.

Belakangan ini Depot Kuda Teh Aam di Pujasera Golden Land Batam centre dibanjiri pembeli. Meski terdengar kurang begitu lazim, sate kuda yang dijadikan menu andalan di Depot Kuda Teh Aam yang diyakini berkhasiat menambah vitalitas pria menjadi daya tarik tersendiri. ”90 persen yang datang ke sini rata-rata pria dewasa,” ujar Imron, pemilik Depot Kuda Teh Aam di Pujasera Golden Land.

Kebanyakan para pembeli sate kuda awalnya hanya coba-coba, karena ingin tahu rasanya sate kuda. Tapi usai mencoba dan merasakan khasiatnya sendiri, akhirnya mereka menjadi pelanggan. Tidak hanya bisa menambah vitalitas para pria, menyantap sate kuda juga diyakini bisa menghilangkan pegal linu, lesu badan, menyembuhkan sakit asma, batuk-batuk, jerawat, eksim, sakit ayan dan stress.

Soal rasa juga tak kalah menggugah selera dibanding dengan sate ayam. Sate kuda yang disajikan terasa lezat dan menyehatkan. Serat dagingnya terasa besar. Terbuat dari daging kuda potong segar yang didatangkan langsung dari Bandung dan Sumbawa dengan pesawat. ”Dari Bandung pagi, sore kita terima dan langsung jual,” ujarnya.

Untuk menambah khasiat menyantap sate kuda, Imron meracik bumbu sate kreasi sendiri dengan ditambah kencur. Selain itu bumbu sate biasa yaitu kacang tanah, daun jeruk, bawang merah, jahe digiling, dan dimasak dengan jinten. ”Kalau di Sunda kencur sangat biasa dipakai untuk bumbu. Kencur ini juga berkhasiat untuk kesehatan. Setelah makan kencur biasanya langsung hangat. Ini klop, sate kudanya makin berkhasiat,” kata Imron.

Di Depot Kuda Teh Aam cukup banyak olahan daging kuda. Di sana tersedia juga bakso kuda, tongseng kuda. ”Bagi yang mau mencoba olahan sate kuda dan masih agak ngeri bisa mencoba bakso kuda dan nasi goreng kuda,” katanya.

Imron menuturkan Depot Kuda Teh Aam juga menyajikan menu unik lainnya yaitu aneka olahan daging kelinci dan burung puyuh.
Aneka menu di Depot Kuda Teh Aam dipatok dengan harga terjangkau. Untuk satu porsi kecil sate kuda cuma Rp15 ribu dan porsi besar Rp25 ribu, bakso kuda Rp10 ribu, goreng burung puyuh Rp15 ribu dan tongseng kuda hanya Rp20 ribu. (andriani susilawati)

No comments: