Saturday, June 6, 2009

100 % Melayu, Asam Pedasnya Nendang Banget

Rumah Makan Mak Muna Tanjungriau

MAU MENCICIPI asam pedas asli Melayu 100 persen? Datang saja ke rumah Mak Muna di Tanjungriau, Batam. Di sana, ada asam pedas ikan sembilang. Rasanya wuih… sedap sekali. Sekali suap langsung dibuat ketagihan. Tempat makannya juga asyik. Khas dengan suasana makan di rumah penduduk di kampung Melayu Batam.

Tak hanya warga biasa yang berbondong-bondong datang ke sana, para pejabat seperti Wakil Gubernur Kepri M Sani, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Bupati Karimun Nurdin Basirun, para camat Batam juga rutin datang ke sana. Termasuk para bule yang melancong ke Batam dan ingin merasakan makan enak, dengan suasana khas makan di kampung Melayu yang sederhana.

Rumah Makan Mak Muna yang beralamat di Tanjung Riau RT 01/RW02 Nomor 06 sangat jauh dari kesan sebuah rumah makan. Tak ada plang nama. Yang terlihat hanyalah rumah papan kayu sederhana seperti rumah penduduk di sekitarnya. Meski begitu, rumah Mak Muna kesohor sebagai tempat makan yang menyajikan aneka masakan Melayu asli 100 persen sejak 15 tahun lalu. Ada asam pedas ikan sembilang, sotong masak hitam, sotong goreng asam, sotong goreng tepung daun bawang, goreng ikan lengse, udang bumbu sambal pedas, cah kangkung, dan masakan khas Melayu lainnya.

Aneka masakan asli Melayu 100 persen itulah yang jadi daya tariknya. Semua hasil laut seperti ikan, udang dan cumi, diracik pakai bumbu khas Melayu racikan Mak Muna yang berasal dari Pulau Jeri, sebuah pulau terpencil yang cukup jauh lagi dari Pulau Kasu. Datang ke sana, anak-anak Mak Muna yaitu Bambang dan Nurhayati langsung menyambut ramah para pengunjung. Lalu ditawari aneka masakan khas Melayu. Tanpa menunggu lama, pesanan langsung datang. Minuman teh obeng di gelas jumbo disodorkan sebagai pembukanya. Tak lama setelah itu, datang aneka masakan Melayu. Ada asam pedas ikan sembilang, sotong masak hitam dan lainnya.

Mata langsung tertuju pada asam pedas ikan sembilang. Katanya setiap orang yang datang ke sana pasti pesan asam pedas ikan sembilang, termasuk para bule yang juga favorit makan asam pedas ikan sembilang saat datang kesana. Aroma sedap dari kepulan uap kuah merah kental asam pedas ikan sembilang langsung menggugah selera. Apalagi saat menyuapnya ke mulut. Rasa pedas dari merica, cabe dan rempah jahe bercampur jadi satu dilidah dengan rasa gurih ikan sembilang. Satu kali santap membuat ketagihan. Rasanya benar-benar sedap sekali. Tidak kalah sedapnya sotong masak hitam dan sotong goreng tepung daun bawang.

Aneka masakan asli Melayu 100 persen di rumah Mak Muna cukup terjangkau harganya. Sotong masak hitam cuma Rp15 ribu dan Rp25 ribu untuk satu porsi asam pedas ikan sembilang. (andriani susilawati)

No comments: