Wednesday, September 17, 2008

Ngabuburit di Taman Bacaan

Banyak alternatif tempat untuk ngabuburit selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini. Selain masjid dan pantai, ngabuburit bisa dilakukan di taman bacaan. Untuk di Batam, ada Taman Bacaan Silhouette di Ruko Duta Mas Batam Centre. Beberapa orang tampak asyik ngabuburit di taman bacaan Silhouette pada Selasa (9/9).

”Dari pada bengong di rumah. Lebih bagus ngabuburit di sini. Banyak dapat ilmu,” kata Sri (28), seorang pengunjung Taman Bacaan Sihouette kepada Batam Pos, Selasa (9/9).

Hari itu, Sri terlihat asyik membaca beberapa majalah wanita muslim. Menurutnya, dengan membaca majalah wanita muslim banyak informasi yang didapat. Salah satunya model kerudung untuk keseharian agar tetap modis. ”Di sini ada juga tip-tip buka puasa,” kata Sri.

Sejak hari pertama puasa, Sri rajin berkunjung ke taman bacaan ini. Maklum, wanita ini kesehariannya kerja sebagai guru private yang tidak terikat waktu kerja. Pengunjung lainnya, Tia (25) mengaku tertarik ngabuburit di taman bacaan karena ingin menjalankan ibadah puasa dengan diisi kegiatan positif. ”Disini, tempatnya nyaman. Terus enggak dipungut biaya kalau baca buku di sini,” ujar Tia mengungkapkan alasan lain tertarik ngabuburit di taman bacaan.

Pemilik Taman Bacaan Silhouette, Silvia mengatakan taman bacaan yang didirikannya didesain senyaman mungkin. Tempatnya terbuka, sehingga udara di dalam Taman Bacaan terasa sejuk. Interiornya juga didesain bergaya cafe. Di taman bacaan ini, pengunjungnya juga dimanjakan dengan koleksi bukunya yang komplit.

Untuk jenis bukunya sangat beragam. Mulai dari bacaan anak, remaja hingga kalangan eksekutif lengkap tersedia disini. Seperti buku-buku agama, wanita, kesehatan, bisnis ekonomi, pariwisata, arsitektur, sejarah, hukum, politik, kamus, novel dan komiks. ”Sampai buku dongeng sebelum tidur juga ada,” kata Silvia.

Bila hari biasanya Taman Bacaan Silhouette buka pukul 12.00 - 22.00 WIB, maka selama ramadan, taman bacaan ini buka mulai pukul 10.00 WIB - 17.00 WIB setiap hari Selasa sampai Minggu. Warga Batam yang tidak puas membaca buku di taman bacaan, bisa meminjam bukunya untuk dibawa pulang ke rumah. Tapi harus menjadi member dulu dengan biaya pendaftaran Rp100 ribu. ”Kalau sudah jadi member, bisa pinjam buku dengan biaya sewa bervariasi mulai Rp3 ribu - Rp8 ribu,” katanya. (andriani susilawati)

No comments: