Friday, April 13, 2007

merintis jalur di lembah kera


merintis jalur baru di tebing lembah kera

gambar ini diambil tahun 1996. saya, tumpal manapul dan gundul merintis pembuatan jalur baru di tebing lembah kera kabupaten malang. teknik yang dipakai adalah artificial climbing. sebuah teknik pemanjatan yang menggunakan peralatan sebagai alat bantu untuk merintis jalur.

Dari ground to pitch 1, temen saya tumpal sebagai leader perintis jalur. saya sebagai belaying dan pembersih jalur. nah si gundul kebagian tugas sebagai "wisatawan lepas" (hi hi hi...) soalnya emang gak ada tugas spesifik untuk dia. awalnya memang saya dengan tumpal saja yang merencanakan membuat jalur ini. trus gundul ikut-ikutan. padahal ketrampilan manjatnya pas-pasan sekali. ya udah, kita jadiin dia man suply saja untuk bawa barang-barang keperluan pemanjatan.
dari pitch 2 ke top, saya ambil alih jadi leader perintis jalur. tuh jalur lumayan rawan. selain posisinya yang 90 derajat, sekitar 4 hingga 5 meter sebelum top merupakan sarangnya burung hantu.... hiii............

Nah, Itu yang kelihatan di gambar si gundul. kita tinggal sendirian di pitch 1. saya dan tumpal udah duluan ke pitch dua.

No comments: