Friday, July 11, 2014

[NulisRingkas] Politik Yg Tdk Cantik




POLITIK ITU awalnya mungkin hanya disangkutkan pd kegiatan yg berhubungan dg kekuasaan negara. Seperti kata Aristoteles. Sekarang pengertiannya sudah berkembang dan jd lebih universal. Dlm beberapa aspek kita sering melakukan tindakan politik. Entah itu berbentuk politik dagang, budaya, sosial atau bahkan yg bersifat lebih individu.


Tidak perlu sebutan politikus utk memainkan serangkaian trik dlm mencapai tujuan. Politik bisa diterapkan di banyak tempat. Bisa di gedung-gedung wakil rakyat, di lembaga-lembaga birokrasi, organisasi sosial kemasyarakatan atau di sudut-sudut kantor tempat kita bekerja. Beberapa di antaranya mungkin menggunakan cara-cara yg santun dan meyakinkan (persuasif). Yg lain menggunakan cara yg tdk wajar. Bahkan cenderung kasar.

Tapi, hati-hati. Politik yg tdk cantik mungkin bisa memupus apa yg sebenarnya sdh ada di depan mata. Atau, menghancurkan apa yg sdh kita capai sebelumnya. Resiko yg menanggung mungkin juga bukan hanya kita secara pribadi. Tapi juga orang-orang terdekat dan mereka yg menggantungkan banyak harapan hidup pada kita. (***)

No comments: